Laptop Terbaru ASUS dengan Intel Coffee Lake 45% lebih Kencang?! - Kata Irfan

Laptop Terbaru ASUS dengan Intel Coffee Lake 45% lebih Kencang?!

Seperti semboyannya In Search of Incredible, ASUS terus menghadirkan inovasi tanpa henti baik dari sisi design maupun performa. Tidak heran kalau ASUS, bukan hanya menjadi raja di pasar laptop seluruh dunia, tapi juga menjadi benchmark atau acuan pabrikan lain untuk mengeluarkan produk-produk laptop mereka. Mereka seakan tidak berhenti berusaha untuk menembus batas teknologi terbaru di dunia saat ini.

Baru-baru ini, ASUS Indonesia menjadi yang pertama kali mengeluarkan jajaran laptop gaming dan multimedia menggunakan processor terbaru dari Intel yaitu Intel Coffee Lake.


Processor baru ini dibuat menggunakan teknologi nano berukuran 14nm. Bukan cuma ukuran saja yang membuat processor ini special, tapi juga performa dan jumlah core yang lebih banyak dibandingkan generasi sebelumnya. Dengan tambahan extra core tersebut, kabarnya processor Intel Coffee Lake 45% lebih kencang dari sebelumnya di berbagai sekenario, terutama multitasking.

ASUS sebagai salah satu pabrikan laptop terbaik di dunia, segera merespon produk terbaru dari Intel dengan meluncurkan laptop gaming mainstream yang pertama di dunia, menggunakan Intel Coffee Lake, yaitu ASUS TUF Gaming FX504 serta bukan hanya satu tapi dua laptop gaming enthusiast uaitu ROG Zephyrus M GM501.

"Sebagai pemain utama di industri laptop dan juga produsen terbesar di dunia gaming di Indonesia, ASUS tanggap akan teknologi terbaru yang bermunculan di industri,” sebut Galip Fu, Country Marketing Manager ASUS Indonesia

Intel Coffee Lake merupakan terobosan penting di dunia komputasi dan tentunya kami sudah punya solusi yang mengimplementasikannya pada perangkat mutakhir,” sebutnya.

Bagi gw secara pribadi, kedua laptop ASUS terbaru ini benar-benar sangat menarik dan gw sudah tunggu-tunggu sebelumnya. Karena akhirnya ASUS menggabungkan kekuatan GPU GTX dari NVidia yang terkenal mempunnyai performa terbaik dan konsumsi daya yang rendah dengan processor Intel terbaru yaitu Coffee Lake yang memiliki performa lebih tinggi serta jumlah core lebih banyak dari generasi sebelumnya.

ASUS TUF Gaming FX504

ASUS TUF?!

WOW !!!

Itulah reaksi gw pertama kali melihat ASUS mengeluarkan juga seri laptop dengan kelas TUF. FYI, ASUS punya jajaran mainboard highend selain ROG, yaitu TUF series. Ketika ROG berbicara soal performa, maka ASUS memposisikan TUF series untuk berbicara soal durabilitas, karena mainboard TUF series di jejali dengan berbagai macam komponen kelas militer yang mempunyai durabilitas tinggi dan stabil.

Engga heran kalau gw secara pribadi sangat tertarik dengan laptop ASUS TUF Gaming FX504 terbaru ini. Karena gw pasti tahu, komponen di dalamnya punya durabilitas yang bagus untuk di bawa kerja di lapangan.

Laptop untuk main PUBG
ASUS TUF Gaming FX504

ASUS TUF Gaming FX504 dilengkapi dengan spesifikasi yang sangat mumpuni untuk sebuah laptop gaming yang bukan masuk kelas ROG! Processor Intel Coffee Lake terbaru dengan pilihan konfigurasi Intel i5-8300H atau i7-8750H untuk yang menginginkan extra performance. 

Dan akhirnya ASUS mau menggunakan SKU GPU GTX 1050Ti dengan VRAM sebesar 4GB GDDR5 dari NVidia, setelah sebelumnya pilihan untuk laptop mainstream hanya GTX1050 dan GTX1060 saja. GTX 1050Ti merupakan GPU terbaik untuk memainkan game-game kelas AAA setting Ultra di resolusi FullHD dan masih bisa mendapatkan FPS di atas 40fps.

Menariknya, ASUS TUF Gaming FX504 dengan segala komponen yang mempunyai durabilitas yang tinggi, khas mainboard TUF ASUS, serta komponen yang mempunyai performa tinggi yaitu processor Intel Coffee Lake i5 dan i7 ditambah dengan GPU GTX 1050Ti dari NVidia, bobot laptop ini termasuk ringan, yaitu hanya 2,3kg saja. Dengan bobot yang termasuk ringan tersebut, ASUS TUF Gaming FX504 sangat cocok untuk multitasking on the go, mobil workstation hingga mobile gaming.

Spesifikasi
TUF Gaming FX504
CPU
Intel® i7-8750H Processor (9M Cache, up to 4.1 GHz)
Intel® i5-8300H Processor (8M Cache, up to 4.0 GHz)
OS
Windows 10 Home
Memory
8GB DDR4, 2x SO-DIMM socket, up to 32 GB SDRAM
Storage
1TB SSHD (8GB)  + 128G PCIe G3x2 SSD
1TB SSHD (8GB)
Display
15,6” FHD (1920x1080) 60Hz Anti-Glare Panel with 170o wide-view display
Graphics
Nvidia GeForce GTX1050Ti with 4GB GDDR5 VRAM
Nvidia GeForce GTX1050 with 4GB GDDR5 VRAM
Input/Output
1x combo audio jack, 2x USB 3.0 ports Gen1, 1 x USB 2.0, 1x RJ45 LAN Jack for LAN insert, 1x HDMI, 1x Kensington lock
Camera
Built-in HD web camera
Connectivity
802.11AC+BT4.1
Audio
Built-in Stereo 3.5 W Speakers And Microphone, ASUS Sonic Studio
Support Windows 10 Cortana with Voice
Weight 
2.3Kg
Dimension
38.4 x 26.2 x 2.5 cm (WxDxH)
Keyboard
Red Backlight Keyboard with discrete number keys
Special Design
Red Pattern design, Elegant and modern lines, Red ring exclusive
Premium metal Gun body, Glowing Logo
Battery
48 Whrs 4 Cells Battery
Warranty
2 years full global warranty


ASUS Zephyrus M

Akhir 2017, lagi-lagi ASUS menggemparkan pasar laptop gaming seluruh dunia dengan meluncurkan gaming laptop TERTIPIS di dunia yaitu ASUS ROG Zephyrus. Setelah proses R&D yang intensif dengan NVidia, akhirnya terlahir Zephyrus dengan GPU NVidia GTX 1080 berteknologi MaxQ, yang pada saat itu di akhir tahun 2017 benar-benar membuat dunia terpesona dengan pencapaian ASUS dan kemampuan ASUS ROG Zephyrus.
laptop PUBG
Zephyrus M

Kali ini ASUS kembali mengeluarkan Zephyrus mereka dengan kode nama baru yaitu Zephyrus M yang menggunakan processor Intel i7 Coffee Lake digabungkan dengan GPU berteknologi MaxQ terbaru dari NVidia yaitu GTX 1070 MaxQ dan GTX 1060 MaxQ. Untuk display, ASUS menggunakan IPS panel 144Hz yang membuat pengalaman bermain games menjadi lebih asik.


Spesifikasi
ROG GM501
CPU
Intel® Core™ i7-8750H Processor (9M Cache, up to 4.1 GHz)
OS
Windows 10 Home
Memory
DDR4 2666 MHz 16GB
Storage
1TB SSHD (8GB)  + 256G PCIe G3x4 SSD
Display
15.6” 144Hz 3ms Non-glare IPS-Level Full HD (1920 x 1080)
Graphics
NVidia GeForce GTX1070 Max-P Design  8GB DDR5 (G-Sync), VR Ready
NVidia GeForce GTX1060 Max-P Design  6GB DDR5 (G-Sync), VR Ready
Input/Output
1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x Type C USB3.1 (GEN2) Thunderbolt, 4 x USB 3.0 port(s) Type A, 1 x HDMI, Support HDMI 2.0
Camera
Built-in HD Camera and array mic
Connectivity
802.11AC+BT
Audio
Built-in Stereo 2 W Speakers And Array Microphone, Support Windows 10 Cortana with Voice, ASUS Sonic Studio
Weight 
2.2Kg
Dimension
384 x 262 x 17-19.9mm (WxDxH)
Keyboard
Illuminated Chiclet Keyboard
Special Design
Alumunium alloy body, Elegant and modern lines, New ROG Strix design
Battery
4 Cells 55 Whrs Polymer Battery
Warranty
2 years full global warranty

Tentunya ada perbedaan signifikan dari segi performa, karena ROG Zephyrus M terbaru sudah menggunakan processor Intel Core i7 Coffee Lake terbaru yang digadang-gadang memiliki kenaikan performa yang cukup signifikan dibandingkan generasi sebelumnya.

Berikut ini adalah tabel kenaikan performa antara Zephyrus M GM501 jika dibandingkan dengan Zephyrus GX501 generasi pertama.


laptop murah

PUBG laptop

Laptop CSGO


Jika dilihat dari pengukuran awal yang dilakukan, Galip menyebutkan, Intel Coffee Lake menawarkan potensi peningkatan performa yang signifikan dibanding teknologi terdahulu.

 “Pengguna akan merasakan pengalaman yang jauh lebih menyenangkan saat melakukan beragam aktivitas pada laptopnya, terutama gaming,” sebut Galip.


Seperti generasi sebelumnya, ASUS akan menjadi pemain utama di teknologi Coffee Lake. Dan dua produk terbaru kami, yakni TUF Gaming FX504 dan Zephyrus M GM501 merupakan yang pertama akan dihadirkan pada pengguna dalam waktu dekat,” sebut Galip

Jika tidak ada aral melintang, kedua model notebook terbaru berbasis Intel Coffee Lake di atas akan segera hadir di pasaran Indonesia pada kuartal kedua 2018 ini,” sebutnya.

Lini Gaming Lengkap untuk Coffee Lake

Selain dua seri di atas, ASUS juga akan menghadirkan laptop gaming bertenaga lainnya yang diperkuat oleh Intel Coffee Lake terbaru. “Varian Core i7 dan Core i5 juga akan kami pasarkan dalam waktu dekat,” tambah Galip

“Tak hanya itu, kita juga sedang menyiapkan laptop beast terbaru yang menawarkan performa monster,” tambahnya.


Lini produk gaming yang akan mendapatkan varian terbaru antara lain mulai dari ROG Strix Scar, ROG Strix Hero, ROG G703 dan ROG Zephyrus GX501. “Ke depan, ASUS tentunya juga akan menghadirkan laptop berbasis prosesor Intel Coffee Lake di seluruh lini produk, mulai dari seri ultimate gaming hingga seri mainstream,” sebut Galip.


Untuk lo yang ingin membeli laptop dengan performa tinggi dengan hardware terbaru, saran gw, lebih baik tunggu ASUS TUF Gaming FX504 dan Zephyrus M GM501 terbaru dari ASUS. Karena selain punya performa dan durabilitas yang sangat baik, ASUS juga mencover laptop-laptopnya dengan garansi FULL (Hardware & Jasa) selama 2 tahun.

Jadi sudah siap ambil laptop terbaru dari ASUS yang mana?!


Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon