Ryzen Mobile bikin Laptop Makin Tipis dan Kencang !!! - Kata Irfan

Ryzen Mobile bikin Laptop Makin Tipis dan Kencang !!!

Laptop tipis, kenceng dan hemat daya?!

Menurut gw itu ga AMD banget sich, secara selama beberapa tahun belakangan, entah kenapa AMD minim banget inovasi dan peningkatan performa dari jajaran processor di divisi laptopnya.

Eh tapi bukan berarti processor laptop AMD ga kenceng lho ya?!


Kebetulan gw salah satu pengguna laptop ACER E5-552G dengan processor AMD Quad Core FX-8800P + APU AMD Radeon R8 M365DX 2GB VRAM + 8GB DDR3 RAM.

Gw pakai laptop ini untuk kebutuhan editing foto, video, dan gw pake mobile kemana2. Dan menurut gw cukup sich dan masih mumpuni untuk kebutuhan tasking yang agak berat, padahal gw pake generasi Carizo, yaitu generasi ke 6 dan saat ini APU ada di generasi ke 7 atau Bristol Ridge dengan processor FX9830P.

Cuma memang waktu pas editing dan gw preview video di Premiere dengan resolusi FullHD 60fps, kemampuan APUnya masih kurang, mungkin karena VRAMnya kurang.

Secara overall performanya, gw puas sich sama laptop dengan processor AMD, asal kita sebagai user tahu kata "CUKUP" dan "SESUAI KEBUTUHAN".

Nah, kembali ke bahasan awal...

Momentum kesuksesan Ryzen di seluruh dunia, menjadi titik balik AMD untuk membawa teknologi dan persaingan baru bukan cuma di dunia pc tapi juga laptop.

AMD akhirnya siap berkompetisi kembali di sisi ultrabook dengan mengeluarkan processor Ryzen Mobile yang khusus di tujukan untuk laptop yang hemat daya, tipis tapi performa kencang.

Akhir tahun lalu, tepatnya tanggal 6 November 2017, AMD melaunching Ryzen mobile bersama beberapa vendor laptop yang menjadi partner Ryzen Mobile untuk pertama kalinya di dunia.

AMD memperkenalkan prosesorAMD Ryzen™ mobile ke pasar Indonesia, dengan kode nama "Raven Ridge", prosesor ini memberikan performa terdepan dan pengalaman hiburan lengkap dengan efisiensi optimal untuk komputer jinjing 2-in-1, multiguna, dan ultrathin premium. 

Armawati Cen, Peter Chambers, Charly Widjaja
Dengan TDP 15-watt yang bisa diatur, prosesor AMD Ryzen™ 7 2700U dan AMD Ryzen™ 5 2500U menggabungkan arsitektur pemenang penghargaan "Zen" x86 cores--menghadirkan teknologi kecerdasan level prosesor2 AMD SenseMI--dengan grafis revolusioner Radeon "Vega" pada desain System-on-Chip untuk mencapai performa notebook ultrathin yang belum pernah dicapai sebelumnya. 

AMD Ryzen 7 2700U adalah prosesor tercepat untuk notebook ultrathin, dengan performa multi-threaded CPU hingga 44% lebih baik3 dan performa grafis yang 161% lebih baik4 daripada kompetitornya 3,4.

"Di awal tahun 2017, AMD sudah memenuhi komitmennya untuk membawa inovasi dan kompetisi kembali ke pasar PC. Dengan kesuksesan peluncuran prosesor Ryzen hingga saat ini di pasar desktop kelas atas, produk-produk komersial dan server, AMD sudah membangkitkan kembali bisnis PC global,"

"Untuk menguatkan posisi AMD di pasar PC,  kami sangat antusias mengumumkan kehadiran prosesor Ryzen™ Mobile terbaru kami. Jajaran prosesor-prosesor baru ini akan memberikan performa terdepan pada perangkat PC mobile dan ultrathin. Ryzen™ Mobile juga menawarkan form factor baru pada notebook yang didukung oleh partner OEM kami sehingga AMD dapat menjawab tren utama kebutuhan untuk pasar notebook seperti tipis dan ringan, multiguna, dan hiburan 'on the go'. 

Tidak hanya menjawab kebutuhan desain-desain baru tersebut, Ryzen™ Mobile juga akan memberikan pengalaman superior dalam aktivitas sehari-hari, multi-tasking, maupun beban kerja tinggi, dan semua kelebihan tersebut juga didukung oleh ketahanan baterai yang menakjubkan." kata Peter Chambers, AMD Consumer Sales Director for Asia Pacific and Japan. 

Ternyata setelah gw cari lebih dalam, banyak banget teknologi baru yang di sematin di Ryzen Mobile yang akan meramaikan pasar laptop di awal 2018 ini. Apa aja?!

Performa Kuat
Terdiri dari hingga 4 cores dan 8 threads, prosesor Ryzen™ mobile sudah menggunakan teknologi AMD SenseMI dan dirancang untuk performa terdepan dalam bentuk yang ramping. Prosesor AMD Ryzen™ 7 2700U adalah yang tercepat di dunia untuk notebook ultrathin, menghadirkkan nominal 15W pada TDP prosesor3,4.

Sebagai tambahan, prosesor Ryzen™ mobile memberikan performa super cepat dibandingkan dengan generasi prosesor AMD mobile sebelumnya;
  • -       performa CPU hingga 3X lebih cepat5
  • -       performa GPU hingga 2.3X lebih cepat6
  • -       dan konsumsi daya hingga 58% lebih hemat7
Ryzen Mobile 7 2700U di bandingkan dengan Intel Core i7-8550U Coffee Lake


 Prosesor-prosesor Ryzen mobile juga menjadi yang pertama kalinya memperkenalkan:
  • -       teknologi Precision Boost 2 yang baru, mempercepat performa prosesor dalam bekerja menggunakan satu hingga banyak core CPU8 dan
  • -       mobile Extended Frequency Range (mXFR), yang meningkatkan performa pada notebook dengan solusi pendingin yang baik dan tersertifikasi untuk "Ultimate XFR Performance"

Spesifikasi Lengkap dari Ryzen 7 dan Ryzen 5 Mobile Series

Sangat Memanjakan
Prosesor AMD Ryzen™ dengan Grafis Radeon™ memberikan performa GPU yang elit;
Ryzen Mobile dikombinasikan dengan RX Vega Mobile untuk kemampuan grafis maksimum
Memberikan framerate yang halus dan playable di resolusi 1080p pada judul-judul game eSports terkenal seperti League of Legends™, Overwatch™, CS:GO™ dan DOTA™ 2, dalam ukuran ultrathin10

-       Siap untuk menjalankan teknologi display terdepanseperti HDR11, Radeon™ FreeSync™ 212, dan monitor-monitor 4K13


Didesain Secara Efisien
-       AMD selangkah lebih di depan dengan inisiatif 25X20nya, dengan prosesor AMD Ryzen™ 7 2700U memampukan 5,86X peningkatan efisiensi daya mulai dari awal inisiatif tersebut14

-       Prosesor AMD Ryzen™ mobile menargetkan peningkatan hingga 2X masa hidup baterai15


Hem, jadi makin excited ngelihat perkembangan AMD untuk comeback di dunia komputer dengan produk2 yang kompetitif.

Perwakilan AMD bersama para partnernya
Seperti yang sudah gw bilang sebelumnya, ketika Ryzen Mobile di launching, AMD Indonesia ikut membawa beberapa partner setia mereka untuk ikut memperkenalkan laptop2 terbaru yang bertenaga Ryzen Mobile, bahkan ada 1 laptop gaming dari ASUS yang menggunakan processor kelas desktop dan gpu kelas desktop.


ASUS ROG GL702 - Laptop pertama di dunia dengan Ryzen 7 tipe Desktop
"ASUS merupakan produsen pertama yang menghadirkan prosesor octa-core Ryzen™ 7 1700 di notebook gaming dengan ASUS ROG Strix GL702ZC," sebut Benjamin Yeh, Regional Director ASUS, South East Asia. "Ke depan, ASUS akan terus mengupayakan hadirnya notebook-notebook mutakhir yang diperkuat oleh prosesor mobile Ryzen™ terbaru," tambahnya.

Acer Swift 3 dengan Ryzen Mobile Series
"Kami merasa gembira karena bisa menjadi salah satu yang meluncurkan prosesor AMD Ryzen™ ke pasar Indonesia dengan notebook Swift 3 kami. Kami percaya bahwa prosesor AMD Ryzen™ Mobile akan memperkuat notebook ultraslim ini untuk mencapai produktivitas on-the-go yang lebih baik dan mendampingi para penggunanya di dunia mereka yang serba cepat. Desain Swift 3 yang ramping dan ringan memiliki bodi brushed-alumunium yang menawarkan nuansa yang kuat dan sentuhan-sentuhan indah. Swift 3 menampilkan koleksi fitur yang sangat diperlukan untuk mencapai produktivitas maksimum, dan pembaca sidik jari tertanam - cara cepat dan aman untuk Windows® Hello memverifikasi identitas Anda tanpa kata kunci," kata Herbet Ang, President Director of Acer Indonesia.

HP Enxy X360 dengan Ryzen Mobile Series
“HP terus memberikan PC yang mendorong pengalaman menakjubkan bagi para pelanggan kami. Dengan menawarkan prosesor AMD Ryzen™ Mobile dengan HP ENVY x360 yang sangat cantik dari kami, para pengguna akan merasakan sebuah perangkat yang menginspirasi kreativitas dengan performa super,"Ujar David Tan, President Director of HP Indonesia. 

Lenovo IdeaPad 720S dengan Ryzen Mobile Series
"Lenovo, dengan berpegangan pada semangat customer-centricity, bertekad untuk menghadirkan pengalaman komputasi yang intuitif dan inovatif kepada semua pelanggan," kata Budi Janto, Country General Manager, Lenovo Indonesia. "Pelanggan kami di Indonesia menginginkan perangkat yang kuat dan ramping yang dapat membantu mereka untuk belajar, bermain, mengerjakan tugasnya di mana pun, kapan pun. Karena itulah kami senang sekali bisa mempersembahkan laptop IdeaPad 720s yang diperkuat oleh prosesor AMD Ryzen™ mobile. Prosesor IdeaPad 720s yang kuat, desain yang seringan bulu, dan baterai yang tahan sampai seharian ini diciptakan khusus untuk pekerja masa kini yang mobile dan multitasking."

Tertarik sama yang mana guys?!

Kalau gw sich ROG GL702 dengan Ryzen 7 Desktop + RX580 4GB GDDR5, yang tentunya akan bisa mempercepat kinerja pembuatan video gw dimana aja dan kapan saja.

Tapi gw juga tertarik dengan laptop Ryzen Mobile lainnya. Karena jika di jual dengan harga kompetitif jauh di bawah seri Processor dari Intel, sementara performanya bisa sama bahkan melebihi, tentunya akan jadi keuntungan tersendiri untuk konsumen yang butuh laptop dengan design yang keren, dimensi yang tipis, hemat baterai, dan pastinya powerfull.

-----------

[1] “Prosesor untuk laptop ultrathin" didefinisikan sebagai prosesor dengan nominal TDP 15W. Berdasarkan pada test pada prosesor-prosesor AMD Ryzen™ 7 2700U, AMD Ryzen™ 5 2500U, dan Core i7-8550U 15W pada 06/10/17. Performa berdasarkan pada Cinebench R15 nT ("performa CPU") dan 3DMark® TimeSpy ("performa GPU") untuk AMD Ryzen 7 2700U, AMD Ryzen 5 2500U dan Intel 8550U. AMD Ryzen™ 7 2700U: AMD Reference, AMD Ryzen™ 7 2700U dengan prosesor grafis Radeon™ Vega 10, 8GB DDR4-2400 RAM, Samsung 850 PRO 512GB SATA SSD, Windows 10 Pro RS2, Graphics driver 23.20.768.9, 26-Sep-2017

AMD Ryzen™ 5 2500U: AMD Reference, AMD Ryzen™ 5 2500U dengan grafis mobile AMD Radeon™ Vega 8, 8GB DDR4-2400 RAM, Samsung 850 PRO 512GB SATA SSD, Windows 10 Pro RS2, Graphics driver 23.20.768.9, 26-Sep-2017

Core i7-8550U: Acer Spin 5, Core i7-8550U dengan grafis Intel UHD 620, 8GB DDR4-2400 RAM, MTFDDAV256TBN - M.2 Sata SSD, Windows 10 Pro RS2, Graphics driver 22.20.16.4771, 12-Aug-2017
Hasil Cinebench R15 nT: 719/144%, 598/120%, 498/100%. Hasil 3DMark TimeSpy: 915/261%, 812/232%, 350/100%. 50:50 jumlah pemberatan performa delta relatif CPU dan GPU: 100% untuk 8550U, 176% untuk 2500U, 203% untuk 2700U. Hasil performa bisa berbeda tergantung dari konfigurasi dan versi driver. RVM-13

2Teknologi AMD SenseMI dibangun ke dalam seluruh prosesor Ryzen, tetapi fitur-fitur spesifik dan pemberdayaannya dapat bervariasi sesuai produk dan platform. Pelajari lebih lanjut di http://www.amd.com/en/technologies/sense-mi. Pemberdayaan mXFR harus memenuhi kebutuhan-kebutuhan AMD. Tidak berlaku pada seluruh desain notebook. Silahkan mengecek manufaktur notebook untuk mengkonfirmasi dukungan "amplified mXFR performance".

3Berdasarkan pada tes AMD pada 25/9/2017. Sistem konfigurasi: AMD Reference Motherboard (Ryzen™ 7 2700U), Acer Spin 5 (8550U), HP ENVY X360 (7500U), 2x4GB DDR4-2400, Samsung 850 Pro SSD, Windows 10 x64 1703, 1920x1080. Intel Graphics Driver: 22.20.16.4691. AMD Graphics Driver: 23.20.768.9. Cinebench R15 1t/nT menghasilkan skor: 144/719 (2700U) vs. 159/498 (8550U) vs. 147/325 (7500U). Skor Cinebench R15 1t vs. Baseline Ryzen™ 7 2700U dari 144: 7500U = 102%, 8550U = 110%. Ryzen™ 7 2700U Cinebench R15 nT dengan dasar skor 719 adalah 221% dari 7500U dan 144% dari 8550U. Konfigurasi yang berbeda dapat memberikan hasil yang berbeda.

4Berdasarkan pada tes AMD pada 25/9/2017.Sistem konfigurasi yang sama: Samsung 850 Pro SSD, Windows 10 x64 1703, 1920x1080; Intel Graphics Driver: 22.20.16.4691; AMD Ryzen™ mobile APU Graphics Driver: 23.20.768.9; AMD FX-9800P Graphics Driver: 22.19.662.4; AMD FX-9800P dikonfigurasikan pada HP ENVY X360 (1x8GB DDR4-2133). AMD Ryzen™ 7 2700U dikonfigurasikan pada platform reference AMD (2x4GB DDR4-2400). Core i7-8550U dikonfigurasikan pada Acer Swift 3 (2x4GB DDR4-2400). Core i7-7500U dikonfigurasikan pada HP ENVY X360 (2x4GB DDR4-2400). Hasil grafis diukur menggunakan 3DMark® TimeSpy. skor Core i7-8550U (350) sebagai baseline 100%. Core i7-7500U (377) mempunyai skor 107% dari baseline. AMD FX-9800P memiliki skor (400) 114% dari baseline. Skor AMD Ryzen™ 7 2700U (915) adalah 261% dari baseline. Konfigurasi yang berbeda dapat memberikan hasil yang berbeda.

5Pengetesan oleh AMD Performance labs pada 5/10/17. Produsen PC dapat merubah konfigurasi yang menghasilkan perbedaan pada hasil. Performa dapat bervariasi karena versi driver. AMD Ryzen™ 7 2700U: AMD Reference, AMD Ryzen™ 7 2700U dengan Grafis Prosesor Radeon™ Vega 10, 8GB DDR4-2400 RAM, Samsung 850 PRO 512GB SATA SSD, Windows 10 Pro RS2, Graphics driver 23.20.768.9, 26-Sep-2017. AMD FX™ 9800P: HP 81AA, AMD FX™ 9800P dengan Grafis Mobile Radeon™ R7 Mobile, 8GB DDR4-2133 RAM, Samsung 850 PRO 512GB SATA SSD, Windows 10 Pro RS2, Graphics driver 22.19.662.4, 19-Jul-2017. Cinebench R15 nT digunakan untuk mensimulai performa CPU; AMD Ryzen™ 7 2700U menghasilkan skor 719, sedangan FX 9800P memiliki skor 240 untuk perbandingan skor benchmark dari 719/240 = 3.00X atau 200% lebih banyak. RVM-16

6Pengetesan oleh AMD Performance labs. Produsen PC dapat merubah konfigurasi yang menghasilkan perbedaan pada hasil. Performa dapat bervariasi karena versi driver.  AMD Ryzen™ 7 2700U: AMD Reference, AMD Ryzen™ 7 2700U dengan Grafis Prosesor Radeon™ Vega 10, 8GB DDR4-2400 RAM, Samsung 850 PRO 512GB SATA SSD, Windows 10 Pro RS2, Graphics driver 23.20.768.9, 26-Sep-2017. AMD FX™ 9800P: HP 81AA, AMD FX™ 9800P dengan Grafis Mobile Radeon™ R7, 8GB DDR4-2133 RAM, Samsung 850 PRO 512GB SATA SSD, Windows 10 Pro RS2, Graphics driver 22.19.662.4, 19-Jul-2017. 3DMark® Time Spy digunakan untuk mensimulasi performa grafis; AMD Ryzen™ 7 2700U menghasilkan skor 915, sedangkan AMD FX™ 9800P menghasilkan skor 400 untuk perbandingan skor benchmark dari 915/400 = 2.29X atau 129% performa lebih banyak. RVM-17

7Berdasarkan pada pengetesan pada 28 September 2017. Sistem konfigurasi: AMD Reference Motherboard (2700U), HP ENVY X360 (FX-9800P/”7th Gen APU”), Samsung 850 Pro SSD, Windows 10 x64 1703, 1920x1080. AMD Ryzen™ 7 2700U Graphics Driver: 23.20.768.9. AMD FX-9800P Graphics Driver: 22.19.662.4. 1x8GB DDR4-2133 (AMD FX-9800P). 2x4GB DDR4-2400 (AMD Ryzen™ 7 2700U). Konsumsi Daya didefinisikan sebagai joules dari daya yang dikonsumsi selama menjalankan secara menyeluruh Cinebench R15 nT:  AMD FX™ 9800P = 3782 joules (100%) vs. AMD Ryzen™ 7 2700U =1594J (58% lebih sedikit). Konfigurasi yang berbeda dapat menghasilkan hasil yang berbeda. RVM-25

8GPU AMD Radeon™ dan FirePro™ yang berdasar pada arsitekture Graphics Core Next terdiri dari banyak eksekusi mesin diskrete yang dikenal sebagai Compute Unit ("CU"). Masing-masing CU memilikki 64 shaders ("Stream Processors") yang bekerja bersama-sama.  GD-78

9 Pemberdayaan mXFR harus memenuhi kebutuhan-kebutuhan AMD. Tidak berlaku pada seluruh desain notebook. Silahkan mengecek manufaktur notebook untuk mengkonfirmasi dukungan "amplified mXFR performance".
10Berdasarkan pada tes AMD pada 25/9/17. Sistem konfigurasi: HP ENVY X360, AMD Ryzen™ 7 2700U, 2x4GB DDR4-2400, Samsung 850 Pro SSD, Windows 10 x64 1703, Graphics Driver: 17.30.1025, BIOS F11.
11Konten HDR membutuhkan sistem yang sudah dikonfigurasi dengan rangkaian konten yang sudah HDR-ready, termasuk: kartu grafis, monitor/TV, graphic driver dan aplikasi. Konten video harus berstandar HDR dan ditonton dengan pemutar yang sudah HDR-ready. Konten mode windowed membutuhkan dukungan sistem operasi. GD-96


12 FreeSync 2 tidak membutuhkan monitor yang mampu HDR; driver dapat mengatur monitor pada mode native ketika konten FreeSync 2 yang didukung HDR terdeteksi. HDR low-latency hanya bisa dicapai ketika menggunakan pemutar game atau video FreeSync 2 yang sudah API enabled yang menggunakan setidaknya 2x brightness dan jangkauan warna yang dapat dideteksi oleh sRGB, dan menggunakan monitor yang sudah terkualifikasi FreeSync2. Berdasarkan tes internal AMD pada November 2016. GD-105
13Membutuhkan display dan konten 4K. Resolusi yang didukung bervariasi tergantung model GPU dan desain board; mohon mengkonfirmasi fabrikan sebelum pembelian. GD-113
14Berdasarkan pada tes internal AMD pada 12/10/17. Efisiensi energi relatif berdasarkan pada 50:50 berat rata-rata performa CPU+GPU (variabel "C"), yang dievaluasi menggunakan skor Cinebench R15 nT dan 3DMark 11, dibagi oleh penggunaan energi tipikal (variabel "E") sebagaimana didefinisikan oleh: ETEC (Typical Energy Consumption for notebook computers), Energy Star Program Requirements Rev 6.1 10/2014. AMD "Kaveri" mewakili dasar dari 1.0X untuk CPU, GPU, dan ETEC. Efisiensi AMD "Carrizo" 1.23C/0.35E=3.51X. Efisiensi AMD "Bristol Ridge" 1.36C/0.34E=3.97X. Efisiensi AMD "Raven Ridge" 2.56C/0.44E=5.86X. Skor dalam urutan skor Cinebenchh R15 nT/3DMark 11 P: "Kaveri" 232/2142 (100%), "Carrizo” 277/2709 (123%), “Bristol Ridge” 279/3234 (136%), “Raven Ridge” 719/4315 (256%). Hasil performa bisa berbeda tergantung dari konfigurasi dan versi driver. RVM-21

Sistem konfigurasi:
“Kaveri”
“Carrizo”
“Bristol Ridge”
“Raven Ridge”
AMD Reference Platform
AMD FX-7600P
2x4GB DDR3L-1600
Crucial CT256M4SSD2
Windows 8.1 x64 9600
Graphics Driver 13.350.0.0
1366x768
AMD Reference Platform
AMD FX-8800P
2x2GB DDR3-1866
Crucial CT256M550SSD1
Windows 10 x64 10586
Graphics Driver 21.19.137.514
1366x768
AMD Reference Platform
AMD FX-9830P
2x4GB DDR4-2133
Crucial CT256M4SSD2
Windows 10 x64 10586
Graphics Driver 21.19.137.514
1366x768
AMD Reference Platform
AMD Ryzen™ 7 2700U
2x4GB DDR4-2400
Samsung 850 Pro SSD
Windows 10 x64 1703
Graphics Driver: 22.19.655.2
1920x1080

15Berdasarkan pada tes internal AMD pada 11/10/2017. Sistem konfigurasi: AMD Reference Platforms, AMD Ryzen™ 7 2700U, AMD FX-9800P, 2x4GB DDR4-2400, graphics driver 17.30.1025, Windows 10 x64 (1703), baterai 50Wh. Masa hidup baterai meningkat: 7.45 hingga 10.3 jam untuk 4K HEVC (+38%); 10.6 hingga 11.1 untuk 1080p H.264 (+4.7%); 10.7 hingga 12.2 jam untuk MobileMark 14 (+14%). Hasil bisa berbeda tergantung dari konfigurasi dan versi driver. RVM-22
Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon